• . Courtesy of the Artists .


    COURTESY OF THE ARTISTS

    pameran tunggal oleh Akiq AW

    Lir Space, Yogyakarta

    March 2019 

    ______________________________

     .id.


    “So why should so many talented and hyper-qualified artists submit themselves willingly to a field of work (that is, in art) that offers so little in return for such a huge amount of remunerated labor?” [i]

     

     


    I.

    Mungkin hanya di masa kejayaan peradaban kuno, di negara-negara kaya, dan di kerajaannya Raden Mandasia saja seorang seniman dibayar untuk melamun dan melakukan proses kekaryaan. Proses dalam hal ini merujuk pada hal-hal di antara ketiadaan, inspirasi, riset, produksi, sampai karya seni dihasilkan dan memiliki potensi mendatangkan keindahan atau perubahan sosial.

    Di Estonia, misalnya, seorang seniman diberikan gaji bulanan, asuransi, dan rencana pensiun yang nyata supaya kebutuhan dasarnya terpenuhi sehingga seniman tersebut bisa fokus berkarya saja. Belanda pernah menjadi negara yang memberikan subsidi besar-besaran untuk senimannya supaya mereka bisa berkarya—tetap dibayar saat melamun di studio, mencoba formula karya baru yang mungkin berhasil mungkin tidak, dan nongkrong dengan teman untuk saling berbagi pengetahuan atau sekedar bergosip dan berbagi info peluang. Subsidi ini dipotong besar-besaran saat pemerintahan sayap kanan membentuk kebencian publik dengan menunjukkan bagaimana uang pajak mereka digunakan, misalnya saat pembukaan pameran yang didatangi oleh para kaum elit dengan gelas anggur merah yang tidak pernah kosong di tangan mereka—hal ini dengan tidak sensitif dilakukan di gedung-gedung bersubsidi tempat para imigran dan kaum miskin yang lebih membutuhkan tunjangan kehidupan hanya mendapat sisa-sisa pajak pesta pora seni rupa yang disebut pemerintah sebagai ‘leftist hobby’, hobi orang-orang kiri.

    Tentu saja kemewahan ini tidak serta merta dinikmati oleh seniman banyak negara maju lain, meskipun peluang untuk mendapatkan dana hibah cukup tinggi, namun subsidi seniman masih merupakan hal yang tidak biasa. Seniman-seniman negara maju yang kebingungan atau tidak terbiasa dengan ketidakpastian berbondong-bondong belajar dari negara-negara yang senimannya tidak mendapatkan subsidi pemerintah. Rumput yang satu terlihat lebih hijau dari rumput lainnya.

    Boro-boro subsidi pemerintah, struktur seninya saja belum ‘mapan’ (dalam ukuran standar Barat) meskipun bukan berarti tidak ada—bahkan kebanyakan sudah berjalan bertahun-tahun. Hal ini justru membentuk sesuatu yang disebut oleh kurator Zoe Butt sebagai ‘ecology of cultural lack’ [ii] Absennya negara dan pendanaan luar, amnesia sejarah, kekangan atas kebebasan berpendapat, dan faktor lainnya menjadikan hubungan pertemanan dan praktek berkumpul menjadi lebih dari sekedar sistem penyokong untuk berkesenian namun juga strategi untuk bertahan hidup. Struktur kesenian terbentuk secara organik dan tumbuh subur terus menerus membentuk ekologi liar tanpa aturan yang jelas. Namun di waktu yang sama, kebebasan dan kemungkinan yang ada dalam dunia seni tanpa struktur ini sungguh tidak terbatas: bisa membuat pameran tentang apa saja, di mana saja, kritik terhadap pemerintah bisa dilakukan (apalagi jika negara tidak memberimu makan) dan apapun latar belakang pendidikanmu—kesempatan menjadi seniman tidak terbatas! Pertukaran moneter berubah menjadi nilai tukar yang berbeda: pertemanan, solidaritas, kesamaan nilai-nilai, dan kemajuan bersama sebuah skena. Skena yang menjadi begitu romantis, meskipun dalam kondisi lapar.

    Bagaimanapun juga, bukan kah urusan perut lah yang menjadikan tulisan Orwell begitu menggugah, begitu pula Hemingway yang diam-diam menjerat kepala burung dara malang di taman-taman untuk memberi makan keluarganya di rumah—sebuah usaha untuk menyelesaikan masalah perut sambil berproses mencari inspirasi karya tulis berikutnya. Sebuah kutukan Cina kuno “May you live in an interesting time” berubah menjadi berkah. Jika seniman tersebut hidup dalam masa-masa yang ‘menarik’, penuh tekanan sistem, dan memiliki musuh bersama untuk dilawan; kelompok-kelompok seni tersebut setidaknya bisa menghasilkan karya-karya yang tak kalah menarik, kritis, politis, signifikan, revolusioner.


    _______________ 

    “The art field is a space of wild contradiction and phenomenal exploitation. It is a place of mongering, speculation, financial engineering, and massive crooked, manipulation. But it is also a site of commonality, movement, energy, and desire” [iii]

     

    II.

    Membicarakan kerja-kerja artistik seorang, sangat mungkin kita secara tidak langsung harus menyertakan kerja-kerja non-artistiknya; Akiq AW memilih untuk membangun usaha rumahan bernama Juwara. Sebuah perusahaan yang berfokus pada cetak digital. Melihat kerja-kerja harian Akiq bersama Juwara tidak lantas sesederhana bagaimana seorang pekerja memenuhi kebutuhan finansialnya saja. Dalam kerja-kerja hariannya, ia cukup dipengaruhi gagasannya tentang membangun ekosistem yang tumbuh bersama. Jasa cetak digital yang dirintisnya secara langsung maupun tidak langsung digerakkan oleh sesama seniman, atau orang-orang dari lingkungan kesenian. Juwara tidak berhenti pada produksi fisik karya seni saja namun juga memberikan peluang kerja serta sistem yang cair dan kekeluargaan. Pertukaran yang terjadi tidak semata-mata hanya persoalan pertukaran cetakan foto dan uang saja. Pertukaran-pertukan immaterial, negosiasi-negosiasi yang berlandaskan pertemanan pun terjadi. Juwara tidak saja menjadi strategi bertahan dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya namun juga memenuhi hasratnya untuk berkontribusi pada skena seni rupa khususnya dalam mensiasati produksi-produksi karya seni berbasis cetak digital. Sistem yang saling menguntungkan bagi seluruh pihak ini merupakan salah satu cara bekerja bersama untuk membentuk taktik bertahan hidup dalam struktur ekonomi seni yang terstruktur/tidak terstruktur.

    Dalam dua ruang yang berada di sisi utara Lir Space, Akiq AW menghadirkan Juwara dalam wujud sekumpulan test print. Dalam ruangan pertama, ia telah memilih beberapa test print yang dianggap tidak sempurna namun memiliki ukuran yang sebenarnya, yang kemudian ia susun rapi dalam bentuk gulungan. Para pemilik sah (pemesan – klien) dipersilakan untuk mengambil gulungan-gulungan foto tersebut. Secara sekilas, aksi ini dapat dilihat sebagai sesuatu yang sederhana seperti mengosongkan studio dari tumpukan test print tersebut namun di saat yang sama, tumpukan test print tersebut adalah sekumpulan arsip, yang secara langsung maupun tidak langsung membentuk kepekaan dan craftsmanship Akiq baik sebagai juru cetak maupun seorang seniman. Ketika kesadaran dalam melihat tumpukan test print ini berubah, pengembalian yang dilakukan dalam pameran pun tidak lagi menjadi aksi pembersihan gudang semata, arsip-arsip ini kemudian dilihat oleh publik yang lebih luas, yang kemudian sangat mungkin untuk bergerak lebih jauh dari sekedar dipertontonkan.

    Seperti halnya arsip yang perlu bergerak untuk berfungsi, sisa produksi pun perlu digerakkan untuk kembali memiliki nilai. Kesadaran menggerakan arsip bersama publik yang baru terlihat pada ruang berikutnya dimana sekumpulan test print ini dipajang secara masif di dinding-dinding ruang tersebut. Gagasan untuk mempertemukan arsip ini dengan khalayak yang baru, serta melibatkannya ke dalam pengelolaan arsip ini (walaupun sifatnya sementara) terlihat jelas. Akiq mengundang dua kelompok seniman muda untuk terlibat dalam pemajangan seluruh test print ini, yang kemudian hal ini tidak saja membagi pengetahuan perihal bentuk-bentuk kekaryaan medium fotografi namun juga dalam wilayah pengalaman kerja-kerja pemajangan yang merupakan salah satu hal yang cukup penting diketahui dan dialami oleh seniman, khususnya seniman muda. Pertukaran antara pemajangan yang dilakukan oleh dua kelompok seniman muda ini dengan Akiq adalah pertukaran yang sangat fleksibel dan tidak berbasis nilai-nilai ekonomi yang standar. Kerja-kerja pemajangan yang ditukar dengan pengetahuan, pengalaman, serta beberapa gelas es kopi susu ataupun makan siang dan malam menjadi nilai-nilai yang disepakati diantara mereka. Nilai-nilai pertemanan dan kepercayaan yang menjadi modal dasar pertukaran semacam ini mungkin memang belum menjawab persoalan pemenuhan kebutuhan harian tiap-tiap individu yang terlibat di dalamnya namun setidaknya telah mampu menggerakkan kehidupan kesenian secara terus-menerus ketika nilai-nilai ekonomi yang digadang-gadang sebagai jawaban atas permasalahan-permasalahan kesenian tidak segera menampakan dirinya. 

    _______________

    “Neighborhood currencies appear, not only in places like Greeces, to keep goods and services moving when the money system breaks down. The currency could be a stone or a handshake – it doesn’t matter and doesn’t even have to be material when it’s backed by bons of trust, by family love, or by friendship. All that is capital melts into love” [iv]

    _______________ 

    "... Individuals as determinants of minor currents, must not be swallowed anonymously into many (people), who are major. The major influential against the minor, but the major will never be necessary if the minor as the determining subject is absent. How do you see yourself in a pluralistic crowd entity? The generic one? Generally? Are you still there?" [v]

    (Pablo Helguera-2009)


    III.

    Kecenderungan untuk berkumpul, dan kemudian menyebut diri sebagai satu kelompok – atau yang kini lebih akrab dengan sebutan kolektif – memang menjadi salah satu hal yang cukup umum, khususnya ketika berada di titik awal sebuah perjalanan karir (dalam hal ini karir seorang seniman). Diantara banyaknya perbedaan dalam pengertian berkumpul dan berkelompok antar generasi, setidaknya ada satu hal yang tak berubah meski jaman – rezim pemerintah telah berubah, yaitu kelompok selalu menjadi ruang untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Arus pertukaran pengetahuan dan pengalaman ini kemudian secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi penciptaan seseorang di dalamnya.

    Berada di dalam kelompok memang menjadi kecenderungan yang umum dan kerap dilihat sebagai keuntungan (khususnya dengan kemungkinan terjadinya arus pertukaran pengetahuan yang cukup kencang) namun di saat yang sama, pertanyaan-pertanyaan seperti “Bagaimana seseorang melihat dirinya di tengah entitas keramaian yang plural?” atau “Apakah seorang individu masih mungkin terlihat diantara kerumunan?”[vi] selalu mengikuti. Pertanyaan ini hadir bukan dalam mempertandingkan antara gagasan menjadi individual atau kelompok. Ia hadir dalam wujud yang reflektif, yang di akhir hari bisa jadi justru ia memberikan kekuatan sendiri pada kedua keputusan tersebut, baik menjadi individual maupun kelompok.

    Akiq AW, yang sudah berada di dalam kelompok sejak 17 tahun yang lalu tentu mengalami masa-masa bulan madu maupun masa-masa penuh perjuangan di dalam kelompok.

    Meski tidak pernah dimaksudkan untuk menjawab kedua pertanyaan diatas namun melihat karya Akiq AW yang berjudul Parasite Art Project adalah cara yang menarik bagaimana merefleksikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dimulai dari mengenali dan memperlihatkan kerja-kerja individual di dalam kelompok dimana ia berada, di saat yang sama ia pun memperlihatkan dirinya, cara kerja dirinya atas individu-individu di sekitarnya. Di saat yang sama, ia pun memperlihatkan bagaimana pengetahuan (dalam hal ini penciptaan karya yang biasanya diasosiasikan dengan modal intelektual) disebarkan, dibagikan, hanya dengan ikatan kepercayaan dan kedekatan. Tentu saja tidak semuanya seromantis hubungan pertemanan di film Mengejar Matahari. Resiko dalam pola kerja semacam ini adalah eksploitasi, baik pada diri sendiri maupun pada pihak-pihak lain. Namun jika seluruh pihak menyetujui dan sama-sama suka, bukan kah tidak apa-apa? Bagaimanapun juga, seluruhnya kembali pada: cinta. Perasaan abstrak yang membuatmu rela melakukan banyak hal yang tidak masuk akal.


    .en.



    “So why should so many talented and hyper-qualified artists submit themselves 
    willingly to a field of work (that is, in art) that offers so little in return for such a huge 
    amount of remunerated labor?”i



    I.
    Maybe only in the heyday of ancient Nusantara civilizations, in rich countries, and in the fictional kingdom of Raden Mandasia can an artist being paid to daydream and do the work process. The process, in this case, range between nothingness, inspiration, research, production, until the actual production of the artwork that finally has potential of beauty or social change.

    In Estonia, for example, some artists are given a monthly bursary, insurance, and an actual retirement plans so that the basic needs are met and the artist can focus solely on creating. The Netherlands was once a country that provides massive subsidies for the artists so they can work—comfortably paid while daydreaming in the studio, trying a new work formula that might work or might not, and hang out with friends to share knowledge or just gossiping and sharing opportunity info. This subsidy was heavily cut when right-wing governments slowly built up public resentment by highlighting how their tax money is being used: for example, at the opening of the exhibition attended by the elite with bottomless red wines in their hands insensitively done in subsidized buildings where immigrants and the poor who need more living support only get the rest of what the government calls the "leftist hobby", a hobby of the left.

    Of course, this luxury is not necessarily enjoyed by the artists of many other developed countries, although the opportunity to receive grant is still relatively higher compared to that of Indonesian artists, nevertheless, continuous artist subsidies are still a special case. Artists from developed country who are confused or unfamiliar with such precarious way of living are flocking to understand the logic of artists from countries where art get a little to none government subsidies. One grass that looks greener than the other side.

    Let alone government subsidies, the art structure alone is not yet quite "established" (by Western standards) although that does not mean it does not exist at all— in fact, most of them have been around for years. This actually forms something curator Zoe Butt referred to as the 'ecology of cultural lack'ii Absence of state and external funding, historical amnesia, restraints on freedom of speech, and other factors make friendship and the practice of gathering more than just a support system for the arts but also a strategy for survival. Structure art is formed organically and thrives continuously, forming wild ecology without clear rules. At the same time, the freedom and the possibilities offered in an art world without ‘established’ structure are truly endless: one can make an exhibition about anything anywhere, one can criticize the government (especially in the case where the state does not feed you), and whatever educational background you have—the opportunities to become an artist is unlimited! Monetary exchanges takes different forms: friendship, solidarity, shared values, and bottom-up progress of an art scene. A very romantic scene, yet a hungry one.

    After all, wasn’t it the hunger that makes Orwell's writing so evocative, and so did Hemingway who secretly broke poor pigeon's head in the gardens to feed his family at home— an attempt to overcome hunger while looking for inspiration for the next essay. What one’s believed as an ancient Chinese curse (but really, it wasn’t) says "May you live in an interesting time"—can turn into a blessing. If the artist lives in 'interesting' times, being stressed out by the system, and has a common enemies to fight; at least these groups can produce works that are no less interesting, critical, political, significant, revolutionary.



    _______________

    “The art field is a space of wild contradiction and phenomenal exploitation. It is a place of mongering, speculation, financial engineering, and massive crooked, manipulation. But it is also a site of commonality, movement, energy, and desire”iii


    II.
    To analyze one’s artistic practice, we can also start from his/her non-artistic practice; in this case, how Akiq AW built a home-based business called Juwara—a small business focusing on fine  art digital printing. Seeing Akiq's daily work as Juwara is not necessarily a matter of how himself as a service provider meets his financial needs. In his daily work, he is quite influenced by his ideas of building an art ecosystems that grows together. Digital printing services that he pioneered are directly or indirectly driven by fellow artists, or people from the arts ecosystem. Juwara does not only work with the physical production of an artwork but also provide employment opportunities as well as a fluid and familial system. The exchange that occurs is not just a matter of exchanging printed photos and money. Immaterial exchanges and negotiations based on friendship ensued. Juwara is not only a survival strategy in fulfilling his daily needs but also fulfills his desire to contribute to the Yogyakarta arts scene, especially in anticipating digital-print-based-art productions. This mutually beneficial system for all is a way of working together to form survival tactics in a structured / unstructured art economy structure.

    In the two gallery spaces on the north side of Lir Space, Akiq AW presents Juwara in the form of a test print set. In the first room, he had selected several test prints that were deemed imperfect but had the correct size, which he then arranged neatly into rolls. Legitimate owners (customers - clients) are welcome to take the scrolls of the photos. At a glance, this action can be seen as something as simple as emptying the studio from the pile of test prints but at the same time, the pile of test prints is a collection of archives, which directly or indirectly shape Akiq's sensitivity and craftsmanship both as a printmaker and as an artist. When the awareness in seeing this pile of test prints changed, the returns made in the exhibition were no longer merely an act of cleaning up the warehouse, these files were then seen by the wider public, which was then possible to move further than just being displayed.

    Just as an archive needs to move to function, the rest of the production needs to be moved to regain value. The awareness of moving archives closer to the public is visible in the next room where a collection of test prints is massively displayed on the walls of the room. The idea of reconciling this archive with a new audience, and involving it in the management of this archive (although it is temporary) is evident. Akiq invites two groups of young artists to be involved in displaying the entire test print, which then not only becomes a way of knowledge sharing about the photography as a medium and art form but also in how to display the work—both important experiences especially young artists. The exchange between the displays made by these two groups of young artists and Akiq is an exchange that is very flexible and not based on standard economic values. The install process is exchanged with knowledge, experience, and a few glasses of iced milk or lunch and dinner as barter values that are agreed upon among themselves. The values of friendship and trust which are the basic capital of this kind of exchange may not answer the problem of fulfilling the daily needs of each individual involved in it but at least they have been able to move the artistic life continuously when the economic values are predicted as the answer to the problems of art does not immediately reveal itself.

    _______________

    “Neighborhood currencies appear, not only in places like Greeces, to keep goods and services moving when the money system breaks down. The currency could be a stone or a handshake – it doesn’t matter and doesn’t even have to be material when it’s backed by bons of trust, by family love, or by friendship. All that is capital melts into love” [iv]


    _______________ 

    "... Individuals as determinants of minor currents, must not be swallowed anonymously into many (people), who are major. The major influential against the minor, but the major will never be necessary if the minor as the determining subject is absent. How do you see yourself in a pluralistic crowd entity? The generic one? Generally? Are you still there?" [v]

    III.
    The tendency to gather, and then refer to oneself as a group - or which are now popularly known as collectives - has become a fairly common thing, especially when you are at the starting point of a career (in this case an artist's career). Among the many differences in the meaning of gathering and grouping between generations, at least one thing has not changed- even when government regimes have changed, the collective has always been a space to share knowledge and experience. This flow of knowledge and experience exchange then directly or indirectly influences one's creation in it.

    Being in a group is indeed a common tendency and considered beneficial (especially with the possibility of a fairly fast flowing knowledge exchange) but at the same time, the questions such as “How does a person see himself in a pluralistic crowd? " or "Whether an individual might still be seen among the crowd?"vi always follows. This question is not merely comparing ideas between individuals or groups. It is present in a reflective form, which at the end of the day may actually give it its own strength in both decisions, both as an individual and a group.

    Akiq AW, who has been part of an active artist collective since 17 years ago, has certainly experienced periods of honeymoon as well as periods of struggle in the collective.

    Although it was never intended to answer the two questions above, however, seeing Akiq AW's work ‘Parasite Art Project’ is an interesting way to reflect on these questions. Starting from recognizing and showing the work of the individual in the group where he is, at the same time he also shows himself, the way he works for the individuals around him. At the same time, he also showed how knowledge (in this case the creation of works that are usually associated with intellectual capital) is distributed, shared, only by bonds of trust and proximity. Of course, not all of them are as romantic as the friendship in Mengejar Matahari movie. The risk in this kind of work pattern is exploitation, both on yourself or to other parties. But if all parties agree and like it, isn't it okay? However, all of them returned at this one point: love. Abstract feelings that make you do things that does not make any sense.

     (LIR – Dito Yuwono & Mira Asriningtyas)

    _______________






    _______________

    i Julietta Aranda, Brian Kuan Wood, Anton Vidokle. “Introduction”. Are You Working Too Much? Post-Fordism, Precarity, and the Labor of Art”. Hal.6 | Sternberg Press. 2011.

    ii Zoe Butt. "Practicing Friendship: Respecting Time as a Curator." Practicing Friendship: Respecting Time as a Curator | Asia Art Archive. Asia Art Archive, 22 Nov. 2015. https://aaa.org.hk/en/ideas/ideas/practicing-friendship-respecting-time-as-a-curator. Maret 9. 2019.

    iii Hito Steyerl. “Politics of Art: Contemporary Art and the Transition to Post-Democracy”. Are You Working Too Much? Post-Fordism, Precarity, and the Labor of Art”. Hal.36 | Sternberg Press. 2011.

    iv Brian Kuan Wood. “Is It Love?”. What’s Love (or Care, Intimacy, Warmth, Affection) Got to Do with It?. Hal.18 | Sternberg Press. 2017.

    v Suka Hardjana. “Falsafah Sapulidi Membaca Kembali Manusia Indonesia: Defisit Individu dalam Kerumunan Massa Politik Gotong Royong”. | Titik Balik, 20 Okt. 2015 | http://www.titikbalik.co/2015/10/falsafah-sapulidi-membaca-kembali.html. Maret 9. 2019.

    vi idem