Pages

Tukar Guling



"Tukar Guling | Oct - Dec 2016"


Tukar Guling adalah platform pertukaran seniman dalam waktu singkat yang diinisiasi oleh Lir Space (Jogja). Dalam Tukar Guling pertama, Lir Space bekerjasama dengan Omnispace (Bandung), Grafis Huru-Hara (Jakarta), dan ICFAM (Jakarta). Masing-masing lembaga akan mengirimkan satu seniman muda untuk berkolaborasi dan berproses bersama selama dua minggu di Jogja dan dua minggu di kota lembaga tuan rumah lainnya. Tidak sebatas pada pertukaran seniman, gagasan pertukaran dalam program ini pun terbuka pada pertukaran kesempatan, pengetahuan, pertemanan, dan berbagai pengalaman yang terjadi selama program Tukar Guling.

Pengelolaan program ini diserahkan secara terbuka kepada tiap organisasi . Tiap organisasi memiliki kesempatan yang sama untuk mengelola program tersebut dengan caranya masing-masing. Keterbukaan ini tidak saja membangun bentuk kerjasama dan kolaborasi antar lembaga namun juga membuka peluang dalam menghadirkan bentuk-bentuk lain sebagai hasil akhir dalam praktik berkesenian.

Program akan mulai berjalan mulai bulan Oktober hingga Desember 2016.
Arief Budiman (Yk) dan Ariffal Nur Arochman a.k.a The Ayankz (Jkt) akan berproses di Lir dan di Grafis Huru-Hara mulai tengah bulan Oktober hingga tengah bulan November. Yonaz Kristy (Yk) dan Nasrul Akbar (Bdg) akan berproses di Lir dan Omnispace selama bulan November. Faida Rachma (Yk) dan Puji Lestari (Jkt) akan berproses di Lir dan ICFAM mulai tengah bulan November hingga tengah bulan Desember 2016.